Cegah Sebelum Sakit, Kenali 6 Penyebab Radang Tenggorokan Ini!

Cegah Sebelum Sakit, Kenali 6 Penyebab Radang Tenggorokan Ini!

Radang tenggorokan merupakan jenis penyakit yang lumayan kerap menyerang banyak orang, terutama saat daya tahan tubuh sedang menurun. Walau dianggap tak begitu parah dan bisa sembuh lumayan cepat, namun efek dari radang ini akan membuat Anda tak nyaman dalam beraktivitas. Sebagai bentuk proteksi dini atas penyakit ini, kenali 6 penyebab radang tenggorokan berikut ini.

  1. Mengonsumsi Makanan Pemicu Radang Tenggorokan

Makanan yang Anda konsumsi bisa menjadi pemicu radang tenggorokan. Baiknya, Anda jangan mengonsumsi makanan pedas, makanan berminyak, serta makanan kering berlebihan. Pengonsumsian makanan jenis ini bisa membuat tenggorokan mengalami iritasi dan meradang. Tak harus dihindari, namun batasi pengonsumsiannya agar tak berefek buruk pada tenggorokan.

  1. Berteriak dan Berbicara dengan Volume Keras

Saat Anda berbicara dengan volume suara yang keras, apa yang Anda rasakan? Bukankah tenggorokan Anda terasa sakit? Nah, inilah yang harus Anda waspadai jika terbiasa berbicara dengan volume suara yang keras dan juga berteriak. Kebiasaan seperti ini membuat otot-otot pada tenggorokan Anda jadi menegang dan kemudian berakhir dengan terjadinya peradangan.

  1. Bernapas Lewat Mulut

Banyak orang yang tak sadar jika saat tidur mereka bernapas lewat mulut dan bukannya hidung. Selain memicu tidur berdengkur atau mengorok, kebiasaan ini juga menjadi faktor penyebab radang tenggorokan, loh! Udara yang masuk ke tenggorokan, membuat kondisinya jadi kering dan terasa perih. Cari cara untuk mengubah kebiasaan ini, agar Anda terhindar dari risiko radang tenggorokan.

  1. Terpapar Asap Rokok

Penyebab radang tenggorokan yang mungkin kerap ditemui adalah asap rokok. Walaupun Anda bukan perokok, namun paparan asap rokoknya bisa membuat Anda menderita radang tenggorokan. Jika ada anggota keluarga yang merokok, jaga jarak dengannya atau minta dia untuk berhenti merokok. Jangan lupa juga selalu sediakan masker, untuk melindungi Anda dari paparan asap rokok.

  1. Paparan Udara yang Kering

Bagi Anda yang menghabiskan banyak waktu di ruangan yang dilengkapi pendingin udara, sangat berisiko mengalami radang tenggorokan. Kualitas udara yang kering, membuat tenggorokan menjadi gatal dan terasa mengganjal. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menyediakan air humidifier, sehingga kelembapan udara bisa tetap terjaga.

  1. Alergi

Salah satu pemicu radang tenggorokan adalah alergi yang dimiliki. Jika Anda alergi atas hal seperti debu, bulu hewan, dan bunga, maka risiko Anda menderita radang tenggorokan pun lebih tinggi. Saat alergi kambuh, tenggorokan pun bisa teriritasi dan mengalami peradangan. Cara terbaik untuk menghindarinya tentu saja adalah dengan membatasi kontak dengan pemicu alergi tersebut.

Dengan mengetahui ragam penyebab radang tenggorokan, Anda tentunya bisa lebih berusaha ekstra dalam menjaga dan memproteksi tubuh. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan, karena radang tenggorokan biasanya menyerang saat daya tahan tubuh sedang menurun. Anda bisa mengunjungi parenting.orami.co.id, untuk mengetahui lebih banyak seputar radang tenggorokan ini.

Author: admin