Cara Tepat Merawat Organ Intim Selama Anda Hamil

Cara Tepat Merawat Organ Intim Selama Anda Hamil

Salah satu bagian penting dari tubuh namun terkadang lupa untuk Anda perhatikan adalah organ intim atau organ kewanitaan. Ketika Anda hamil organ intim merupakan daerah yang paling sensitif. Karena merupakan daerah yang sensitit, perawatannya tidak boleh sembarangan. Berikut cara tepat untuk merawat organ intim Anda selama hamil.

Basuh dari Depan ke Belakang

Setelah Anda buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK), sebaiknya Anda melakukan penyiraman dari depan bukan arah sebaliknya, kemudian dibersihkan menggunakan bantuan tangan dengan arah dari depan ke belakang. Saat ini masih banyak perempuan yang melakukan dengan arah sebaliknya.

Jika Anda membersihkan daari arah belakang ke depan dikhwatirkan masih ada kotoran yang belum bersih dan terbawa menuju organ kewanitaan Anda. Hal tersebut akan memicu bakteri dan kuman. Jika Anda merasa perlu menggunakan sabun, cukup gunakan sabun pada bagian anus.

Pastikan Bersih dan Bebas Lembab

Organ intim yang terlalu lembab atau basah akan berisiko memicu perkembangan bakteri dan tentunya bau tidak sedap. Cara mengatasinya, Anda bisa menggunakan celana dalam dengan bahan yang nyaman serta dapat menyerap keringat, misalnya celana dalam dengan bahan katun.

Selain pakaian dalam, pakaian luar juga harus Anda perhatikan. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat akan membuat organ vagina Anda kesulitan untuk bernapas walaupun tidak mengganggu bentuk vagina. Selain itu Anda juga akan merasa tidak nyaman karena pakaian Anda terlalu menekan daerah kewanitaan Anda apalagi Anda sedang dalam masa kehamilan.

Hindari Menyemprot Parfum pada Daerah Kewanitaan

Anda mungkin merasa tidak nyaman jika organ kewanitaan Anda berbau tidak enak. Namun, jangan menyemprotkan parfum karena jutru akan semakin menambah masalah bau Anda. Mungkin Anda bisa membawa celan dalam ekstra. Celana dalam tersebut bisa digunakan untuk mengganti celana dalam yang sudah tidak nyaman Anda kenakan.

Hindari Penggunaan Pembersih Organ Kewanitaan

Saat ini, banyak pembersih untuk organ kewanitaan yang dijual di pasaran. Namun, sebaiknya Anda tidak menggunakan produk tersebut untuk membersihkan daerah kewanitaan Anda. Cukup gunakan air bersih untuk membersihkannya.

Anda juga tidak dianjurkan untuk menggunakan sabun pembersih organ intim. Sabun pembersih tersebut berisiko membunuh bakteri baik yang ada pada organ intim Anda. Cara membersihkannya cukup dengan membasuh organ intim Anda menggunakan air bersih. Hal tersebut bertujuan juga untuk mengurangi bau tak sedap.

Cukup Minum

Mengkonsumsi air sebanyak 3 liter per hari bagi Anda yang sedang hamil sangat dianjurkan. Konsumsi air yang cukup akan menjaga daerah organ kewanitaan Anda. Jika Anda kurang mengkonsumsi air, organ intim Anda akan menjadi semakin sensitif.

Itulah cara merawat organ intim Anda selama masa kehamilan Anda. Anda juga bisa mengakses situs ORAMI di www.orami.co.id untuk mendapatkan informasi mengenai masa kehamilan maupun persiapan persalinan hingga cara merawat buah hati Anda.

Author: admin